Thursday, August 29, 2013

Tips Penting Latihan Sepeda Gunung

Jangan coba gaya ini kalau masih pemula ©iStockPhoto/Jon Faulknor

Ada sesuatu yang berbeda saat menggenggam setang sepeda gunung lalu pergi keluar menuju jalur sepeda. Mungkin ini tentang pengalaman terpental-pental sepanjang permukaan gerinjulan, atau sensasi saat mendaki bukit terjal dan melipir tajam di belokan sempit. Apapun alasannya, ada banyak pecinta olahraga sepeda gunung.

Tidak perlu menjadi profesional untuk memulai olahraga sepeda gunung, namun tidak bisa juga dengan hanya menunggang sepeda serta merta Anda menguasai olahraga ini. Olahraga sepeda gunung membutuhkan kombinasi kekuatan, ketahanan dan keterampilan. Untuk mendapatkan kombinasi tersebut secara tepat, diperlukan latihan, dan sekeras apa Anda berlatih tergantung pada seberapa serius Anda dengan olahraga ini. Pesepeda akhir pekan mungkin membutuhkan agak lebih dari sekedar perlengkapan yang tepat, sedikit latihan dan pemanasan yang baik, namun bagi yang ingin menjadi profesional olahraga sepeda gunung, perlu waktu berbulan-bulan - bahkan tahunan - menyempurnakan trik dan teknik.

Tuesday, April 30, 2013

Pertolongan Pertama Patah Tulang Saat Bersepeda Gunung

Lokasi Denyut Nadi
Sayangnya, patah tulang, merupakan fenomena umum di antara mereka yang berkegiatan luar ruang. Hampir semua yang ada di luar ruang lebih keras dan jauh lebih tahan patah dibanding tulang Anda (batu, pohon, dan tanah, contohnya). Ada dua jenis patah tulang dasar: kompleks dan sederhana.

Patah Tulang Kompleks
Yang merupakan patah tulang kompleks, apabila tulang menusuk ke kulit, atau kulit menjadi sobek di area tulang yang patah, baik hingga tulang terlihat atau tidak. Hal ini tidak termasuk sobekan kecil atau lecet di area patah tulang. Satu-satunya pembeda nyata ialah patah tulang kompleks lebih cepat terkena infeksi.

Patah Tulang Sederhana
Ya, patah tulang sederhana apabila tidak ada tulang yang menembus kulit dan tidak ada kulit yang terkoyak di area patah tulang.

Friday, April 26, 2013

Sejarah Olahraga Sepeda Gunung

Olahraga sepeda gunung dimulai pada 1970-an di California, Amerika Serikat. Gunung Tamalpais, lebih dikenal dengan Mt. Tam secara luas dianggap sebagai tempat asal olahraga sepeda gunung. Tokoh-tokoh yang dikenal sebagai pendiri olahraga sepeda gunung antara lain Joe Breeze, Gary Fisher, Charlie Cunningham, Keith Bontrager dan Tom Ritchey yang mengalihkan sepeda jenis penjelajah dan sepeda berban balon menjadi mesin bertenaga manusia yang mampu melewati berbagai kondisi jalan. Penemu olahraga sepeda gunung adalah pesepeda downhill murni. Mereka mengangkut sepeda ke atas gunung dengan truk dan berpacu menuruni bukit (downhill). Mereka menggunakan rem coaster dalam rangka mengurangi kecepatan di turunan. Namun, rem jenis ini menjadi panas selama jalur menurun sehingga mereka harus melumuri kembali dengan pelumas sebelum jalur turunan berikutnya. Mekanisme rem ini kemudian digantikan dengan rem cantilever yang lebih ringan dan kuat. Pada saat yang sama, para pesepeda merasa mereka perlu mendaki bukit atau gunung untuk menikmati berkendara di tanjakan, maka lahirlah sepeda dengan multi-speed dilengkapi persneling dan gigi sebagai bantuan mendaki bukit dan gunung bagi pesepeda.

Sunday, April 21, 2013

3 Latihan untuk Tungkai yang Kuat bagi Pesepeda

Seringkali pesepeda punya otot paha yang kuat dan otot belakang lutut (hamstring) yang lemah, menurut John Hughes, di Boulder, Colorado, pelatih olahraga sepeda (coach-hughes.com), penulis Distance Cycling, yang akan terbit di bulan Juli, "Namun kayuhan bertenaga membutuhkan kekuatan baik di depan dan belakang paha Anda demikian juga di bagian pinggul dan bokong." Untuk bagian bawah tubuh yang berotot dan kuat, Hughes merekomendasikan latihan berikut tiga atau empat kali seminggu tidak dalam beberapa hari berturut-turut.

Menekuk lutut: Menguatkan pinggul, bokong, dan bagian depan dan belakang paha.

Monday, April 8, 2013

Sepeda Apapun ke Manapun

Road Bike dan Mountain Bike
Sepeda merupakan alat kebebasan sejati: ia membebaskan Anda pergi ke lebih banyak tempat secara lebih mudah dan lebih sederhana dibanding penemuan manusia lainnya. Namun di era spesialisasi teknologi dan perlengkapan sekarang ini, mereka juga terlihat menjadi sangat dibatasi. Faktanya, ada kesalahan anggapan umum bahwa tanpa "sepeda yang tepat," seseorang tidak bisa turut ambil bagian di dalam peluang lahan persepedahan yang sangat bagus. Kini saatnya meluruskan anggapan tersebut, karena sepeda jenis apa saja bisa digunakan ke mana saja!

Thursday, April 4, 2013

Freeride Downhill Terbaik (Wajib Tonton!)

Lihat apa yang orang bisa lakukan dengan sepeda gunungnya. Menakjubkan!

Berikut kami pilihkan video Best Freeride Downhill  berlokasi di Gurun Gobi. Sebuah kompilasi yang dibuat dari "Where the Trail Ends." Selamat menyimak!



Sumber: YouTube

Friday, March 29, 2013

Teknik Downhill Sepeda Gunung

Berikut tips teknik downhill sepeda gunung.

1. Pertama, posisi bersepeda.
  • Berdiri di sepeda dengan pedal datar. Posisi ini memungkinkan beberapa hal, Anda bisa menggunakan lengan dan tungkai sebagai suspensi ekstra, memberikan kenyamanan bersepeda dan kendali lebih. Anda jadi bisa menggerakkan sepeda di bawah Anda, memungkinkan melakukan koreksi halus dengan mudah. Selain itu, posisi pedal yang datar memaksimalkan jarak dengan tanah dan membantu berat badan terpusat.
  • Posisikan badan sehingga bobot tubuh berada di tempat yang tepat, jika posisi duduk, seluruh bobot tubuh melampaui roda belakang, hal ini tidak selalu baik untuk downhill. Jika berdiri, sebaiknya pinggul di atas pelana (sadel) dan dagu di atas stem (bagian yang menghubungkan setang dengan sepeda), hal ini memberikan titik keseimbangan terpusat yang baik, sebagai awal pergerakan selanjutnya.