Wednesday, March 27, 2013

Panduan Bersepeda Gunung bagi Pemula

Perlengkapan Bersepeda
Apakah Anda pernah bertanya-tanya perlengkapan apa saja yang diperlukan untuk bersepeda gunung? Atau pergi ke mana? Bagi pecinta sepeda gunung, hal-hal semacam ini sudah merupakan sifat alami. Mereka sudah tahu perlengkapan apa saja yang diperlukan dan tempat-tempat dan rute terbaik yang sesuai dengan tingkat keahlian mereka. Bagaimana dengan pemula? Mereka yang ingin bersepeda gunung tapi tidak tahu mesti mulai dari mana? Tentu kita bisa mengendarai sepeda, tapi begitu jalur bersepeda mulai terlihat jauh dari rata, semua jadi menakutkan.

Hmm, sepertinya artikel ini ditujukan buat Anda.

Pelajaran Pertama: Anda dan Perlengkapan Anda.

Ada beberapa perlengkapan penting yang perlu segera Anda miliki bila mau mulai bersepeda gunung, ditambah beberapa perlengkapan lain sebagai investasi masa depan apabila Anda tengah terserang demam bersepeda.

1. Sepeda
Sepeda merupakan mesin yang rumit, tapi dalam hal memilih sepeda, hanya diperlukan sedikit pertimbangan dasar - tinggi badan dan bagian dalam tungkai - dan perjalanan menuju toko sepeda terdekat. Betul, Anda bisa mendapatkan penawaran menarik secara daring, namun akan terlalu mudah bagi pemula melakukan kesalahan dalam memilih dan akhirnya mendapatkan mesin yang tidak sesuai. Toko sepeda terdekat akan membantu Anda mendapatkan sepeda yang paling sesuai dan cocok dengan tujuan. Pertanyaan pertama yang perlu ditanyakan adalah 'sepeda pemula seperti apa yang paling baik buat saya?'

Ada tiga jenis utama sepeda gunung:

 1. Rigid: sepeda rigid tidak punya suspensi. Jadinya menghemat berat, tidak perlu banyak perawatan dan artinya tidak banyak yang perlu dipikirkan begitu Anda mulai bersepeda 'off-road'. Tapi di jalur berbatu dan berakar, kenyamanan dan kendali Anda akan terganggu. Sepeda rigid merupakan pilihan bagus bila Anda punya bujet terbatas.

 2. Hardtail: sesuai namanya, sepeda dengan bagian belakang keras (tidak bersuspensi) dan sebuah garpu suspensi di bagian depan. Sepeda jenis ini membantu Anda secara teknis menghadapi lebih banyak permukaan tanah. Lebih berat dibandingkan dengan sepeda rigid berharga sama, namun lebih murah, lebih ringan dan punya penanganan lebih baik dibanding sepeda full-suspension tingkat pemula. Anda sebaiknya siap-siap dengan harga kurang dari 6.000.000 IDR

 3. Full-suspension: punya suspensi baik di depan dan belakang, yang menambah kenyamanan dan membantu Anda secara teknis berkendara di lebih banyak permukaan tanah. Kekurangannya adalah tambahan biaya - sulit menemukan sepeda yang pantas dengan harga kurang dari 12.000.000 IDR, kecuali saat obral - dan berat, ditambah beberapa komponen yang bisa digerakkan sudah rusak atau usang.

Setelah Anda memutuskan jenis sepeda apa yang Anda mau dan berapa banyak yang Anda bersedia bayar, pilihan kembali kepada masalah selera. Penting untuk memilih rangka yang ukurannya sesuai - toko sepeda terdekat akan bisa membantu Anda dalam hal ini berdasarkan pengukuran yang telah dibuat sebelumnya - dan disarankan untuk uji berkendara (test drive) terlebih dulu.

Satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam sepeda gunung adalah tinggi saat berdiri - jarak antara batang atas rangka sepeda dan selangkangan Anda. Jika perlu turun buru-buru dari sepeda, tentu Anda tidak ingin tersangkut bukan?

 2. Helmet
Sepeda gunung merupakan olahraga yang menyenangkan tapi juga berbahaya, jadi disarankan untuk selalu menggunakan helmet. Beda merek beda ke-pas-annya, jadi penting untuk mencobanya dulu sebelum membeli. Helmet sebaiknya sejajar pada kepala dan melindungi secara pas. Tidak boleh menghalangi pandangan mata atau menutupi bagian atas telinga, tidak boleh terlalu longgar. Pengikat dagu harus aman dan tali yang terhubung dengan tali dagu harus melalui kedua sisi telinga bukan menutupinya.

 3. Sarung Tangan
Tidak semua pesepeda gunung menggunakan sarung tangan, tapi merupakan ide bagus untuk memulai karena kemungkinan besar terjadi tabrakan. Sarung tangan juga mengurangi rasa sakit disebabkan getaran sepeda. Ada banyak merek sarung tangan di pasaran dengan variasi tingkat bantalan dan sekat. Lagi, coba dulu sebelum membeli untuk memastikan mereka pas di tangan. Jemari Anda tidak boleh terasa kaku dan tidak seharusnya ada bahan yang berkumpul di telapak tangan. 

4. Pompa, alat tambal dan perlengkapan lain
Ban bocor tidak dapat dihindarkan tapi bukan alasan untuk memperlambat Anda terlalu lama jika Anda sudah antisipasi. Alat pompa terpercaya dan alat tambal ban adalah perlengkapan penting yang tidak bisa dilupakan. Juga perlengkapan serba-guna merupakan alat yang layak beli. Toko sepeda terdekat seharusnya bisa memberi saran tentang perlengkapan yang sebaiknya dibeli. 

Rekomendasi Perlengkapan

Meski Anda bisa bersepeda dengan hanya bercelana pendek dan t-shirt, ada rangkaian pakaian khusus yang layak dipertimbangkan jika Anda punya bujetnya, karena dengannya bersepeda jadi lebih nyaman dan menyenangkan.

1. Pelindung Mata
Tidak ada yang lebih mengesalkan selain sedang asik-asiknya bersepeda tahu-tahu mata tertabrak lalat atau benda asing lain - maka dari itu banyak pesepeda menggunakan pelindung mata. Kacamata dengan lensa bening cukup bagus karena Anda bisa menggunakannya sepanjang tahun, dan Anda tidak terjebak kegelapan saat masuk ke daerah hutan berpohon rindang, seperti saat Anda menggunakan kacamata gelap. Banyak orang memilih kacamata dengan lensa yang bisa diganti-ganti, termasuk lensa warna kuning untuk cuaca mendung atau kondisi yang kurang cahaya.

 2. Atasan Bersepeda
T-shirt bagus selama mereka tidak jadi basah - baik karena hujan maupun keringat Anda sendiri - yang menjadikannya dingin dan lembab. Atasan khusus bersepeda tidak hanya pas secara lebih baik saat Anda duduk di sepeda tapi juga membantu tubuh tetap kering. Ada banyak jenis atasan bersepeda yang bisa Anda temui di toko tergantung pada berapa harga yang Anda mau bayar. Penting diingat, pilihlah yang pas di tubuh dan terasa nyaman saat Anda duduk di sepeda. Pastikan Anda bisa menjangkau ke atas dan lengan baju tidak tertarik di area ketiak, dan jika membungkuk bagian belakang tidak tertarik ke atas sehingga Anda jadi kedinginan.

3. Shorts/Celana Sepeda
Aturan yang sama berlaku seperti untuk atasan. Anda harus merasa nyaman bersepeda dengannya, jadi coba dulu. Kecuali Anda memesan dari toko daring, perhatikan ukuran yang paling sesuai dengan tubuh Anda. Celana berbantalan (padding) mula-mula terasa aneh dipakai, tapi begitu Anda duduk di pelana sepeda, tiba-tiba mereka jadi sahabat baru Anda.

4. Hydration Pack/Botol Air
Penting bagi Anda agar tetap terjaga kebutuhan airnya saat bersepeda, jadi siapkan air botol di sepeda atau lebih baik lagi, berinvestasi pada hydration pack - kantong air berupa ransel dengan sedotan panjang sehingga Anda bisa minum sambil bersepeda. Alat ini juga terdiri dari banyak kantong tempat menyimpan berbagai keperluan seperti pompa, alat tambal ban, uang, telepon genggam, dll.

5. Kaos Kaki
Kaos kaki penting dengan alasan yang sama dengan sarung tangan - membantu Anda terlindung dari melepuh dan dingin. Kaos kaki khusus bersepeda umumnya dilengkapi bantalan pada tempat-tempat yang tepat dan terbuat dari bahan yang bisa bernafas, membantu kaki tetap kering. Malah ada juga yang kedap air, sehingga Anda bisa nenerjang aliran air dan kaki tetap kering.

Sumber: bikeradar.com

Anda mungkin akan suka Tips Penting Latihan Sepeda Gunung

No comments:

Post a Comment