Monday, March 25, 2013

Trik Melakukan Gaya Wheelie dengan Sepeda Gunung

Ini cara melakukan gaya wheelie (mengayuh dengan roda depan terangkat) dengan sepeda gunung.

Kunci trik ada pada waktu yang tepat dan keseimbangan, dengan latihan tekun Anda akan bisa menguasainya. Sebaiknya gaya ini dicoba pada permukaan yang rata dan empuk seperti rumput dan di area luas terbuka.
  1. Pertama-tama, angkat roda depan untuk memulai wheelie. Anda perlu menggunakan berat badan untuk mengangkat roda depan dan bukan hanya menarik kedua lengan. Jadi mulai dengan mendekatkan dada ke gagang setang, lalu hentakkan dengan mengayunkan berat tubuh ke belakang ke balik pelana. Hal ini akan menyebabkan roda depan terangkat dari tanah. Berlatih terus sampai Anda mendapatkan waktu yang tepat dan mampu secara konsisten mengangkat roda depan 10-20 cm dari tanah tanpa pedal.
  2. Berikut, Anda perlu lanjut ke tendangan pedal, di mana Anda menyalurkan lebih banyak tenaga pada roda belakang untuk memaksa roda depan terangkat. Jadi sambil meluncur, pijakkan kaki dominan pada posisi sedemikian rupa sehingga Anda bisa menendang ke bawah keras-keras pada pedal.
  3. Sekarang, semua tentang waktu. Anda perlu menekan ke bawah pada pedal segera setelah Anda mengayun bobot badan ke belakang, jadi sesaat sebelum kedua lengan menjadi lurus karena melempar beban ke belakang Anda perlu menekan pedal ke bawah. Ini adalah saat paling tepat untuk mengangkat roda depan ke udara.
  4. Sekarang Anda sudah mengangkat roda depan ke udara. Ada dua hal yang mungkin Anda perlu lakukan. Jika Anda merasa seakan mau jatuh ke belakang, Anda bisa mengerem roda belakang untuk menurunkan roda depan. Jika roda depan tidak naik cukup tinggi maka Anda bisa terus menekan pedal atau Anda bisa memindahkan berat badan lebih jauh lagi melewati roda belakang, jika keduanya tidak berhasil maka Anda mungkin perlu berlatih kapan waktu yang tepat menendang pedal.
  5. Keren. Jadi sekarang Anda bisa melakukan gaya wheelie. Sambil ber-wheelie Anda bisa menggunakan teknik pada langkah-langkah sebelumnya sampai Anda bisa terus ber-wheelie selama Anda suka.
Videonya:



Sumber: trick-tips.com, youtube.com

1 comment:

  1. Thx utk infonya.. jgn lupa mampir yuk ke http://elementmtb.com/jangan-salah-ini-lho-usia-yang-tepat-anak-boleh-diajarkan-bersepeda/

    ReplyDelete